1fcb5c4c068ab273a14f94d2.html EKSPEDISI KALIMANTAN | JASA PENGIRIMAN BARANG EXPEDISI JAKARTA KALIMANTAN: Sejarah Kalimantan

Sejarah Kalimantan

Kalimantan Adalah Pulau Terbesar Ketiga Di Dunia Yang Terletak Disebelah Utara Pulau Jawa Dan Disebelah Barat Pulau Sulawesi. Pulau Kalimantan Dibagi Menjadi Wialayah Brunei, Indonesia (dua pertiga) Dan Malaysia (Sepertiga). Pulau Kalimantan Terkenal Dengan Julukan "Pulau Seribu Sungai" Karena Banyaknya Sungai Yang Mengalir Di Pulau Ini.

Pada Zaman Dahulu, "Borneo" Yang Berasal Dari Nama Kesultanan Brunei Adalah Nama Yang Di Pakai Oleh Kolonial Inggris Dan Belanda Untuk Menyebut Pulau Ini Secara keseluruhan, Sedangkan "Kalimantan" Adalah Nama Yang Disebut Oleh penduduk kawasan timur pulau ini yang sekarang termasuk wilayah indonesia. Wilayah utara pulau ini ( Sabah, Brunei, Serawak ) untuk Malaysia dan Brunei Darussalam. Semenyara untuk Indonesia adalah Wilayah Kalimantan Utara yang sekarang menjadi Provinsi kalimantan utara.

Dalam arti luas "Kalimantan" meliputi seluruh pulau yang juga disebut dengan "Borneo", Sedangkan dalam arti sempit, Kalimantan hanya mengacu pada wilayah Indonesia.